Xbox Series S Resmi Diperkenalkan oleh Microsoft

Xbox Series S Resmi Diperkenalkan oleh Microsoft

Microsoft pada Rabu (9/9) kemarin sudah memperkenalkan perangkat konsol versi low-end dari Xbox Series X yang dinamai dengan Xbox Series S. Diketahui, ia bakal beredar ke pasaran 10 November mendatang yang dihargai kira-kira Rp. 4,5 juta.

“Xbox Series X, konsol kami yang paling kuat yang pernah dibuat, dan Xbox Series S, performa generasi berikutnya sebagai konsol dengan ukuran terkecil kami yang pernah dibuat di mana harganya lebih terjangkau, diluncurkan secara global 10 November, pra-pemesanan mulai 22 September.” Tulis Kepala Microsoft Xbox, Phil Spencer, dalam keterangan resminya.

Sebagaimana disadur dari laman GameStations, Xbox Series S sendiri ukurannya 60% lebih kecil dari Xbox Series X dan harganya lebih murah, yaitu Rp. 4,5 juta jika dibanding Xbox Series X yang dijual senilai Rp. 7,2 juta.

Kendati disebut sebagai varian low-end, namun Series S ini punya ke kekuatan yang tidak kalah dahsyat dibanding “kakaknya.” Memang, tersemat GPU yang lebih lambat, tetapi ia diklaim mampu menghadirkan resolusi 1440p hingga 120 fps (maksimal).

Kemudian, dipadu teknologi DirectX ray tracing, Series S tetap dapat menampilkan game-game yang dimainkan dalam kualitas grafis yang mumpuni. Walaupun tidak setinggi Series X, yang bisa mencapai resolusi 4K.

Spesifikasi Xbox Series S
  • CPU: Eight-core 3.6GHz (3.4GHz with SMT) custom AMD 7nm
  • GPU: 4 teraflops at 1.550GHz
  • RAM: 10GB GDDR6
  • Frame rate: Up to 120 fps
  • Resolution: 1440p with 4K upscaling
  • Optical: No disk drive
  • Storage: 512GB NVMe SSD

Xbox Series S didesain sebagai konsol all digital sehingga tidak dilengkapi dengan disc drive. Untuk mendukung hal itu, Microsoft menawarkan Xbox All Access dengan harga khusus, kira-kira Rp. 370 ribu per bulan, selama 2 tahun.

Lewat Xbox All Access, kalian bisa memperoleh Xbox Game Pass Ultimate. Selain mengakses ratusan game berkualitas untuk dimainkan di konsol atau PC, kalian akan menerima keanggotaan EA Play. Tidak hanya itu, konsumen juga bisa memainkan lebih dari 100 game dari xCloud lewat gawai-nya.

Adapun beragam judul game papan atas telah siap menyertai perilisan Xbox Series S (dan Series X). Dua di antaranya yang mendapatkan sambutan tinggi adalah Assassin’s Creed Valhalla dan Watch Dogs: Legion. bakal ada lebih banyak lagi yang dapat dimainkan di tahun 2021 nanti, termasuk aksi teranyar Master Chief dalam Halo Infinite.

Leave a Reply