Valve Bikin Aturan Redam Kebisingan di CSGO

Valve Bikin Sistem untuk Redam Kebisingan di CSGO

Komunikasi dalam permainan bergenre First Person Shooter (FPS) seperti Counter Strike: Global Offensive (CSGO) adalah kunci untuk membangun koordinasi antar sesama pemain ketika bertempur dalam satu tim. Namun, tidak jarang komunikasi itu sendiri menjadi suatu keluhan bagi sebagian player.

Valve memang menyediakan fitur voice chat untuk lebih memudahkan para pemain untuk berkomunikasi di dalam game, dan kemungkinan itu pun tidak jarang disalahgunakan oleh beberapa pemain di mana mereka menimbulkan kebisinginan bahkan mengganggu rekan satu tim saat berinteraksi.

Tentu, perilaku demikian patut disayangkan, mengingat begitu pentingnya komunikasi untuk memenangkan pertarungan. Setelah banyak pemain menyatakan keluhannya ke Valve terkait kebisingan lewat voice chat di CSGO, mereka akhirnya bikin sistem dan aturan untuk meredam itu semua.

“Kami menanggapi keluhan tentang penyalahgunaan komunikasi dengan serius, dan sebelumnya kami telah meluncurkan sistem pengaturan yang memungkinkan para pemain mengontrol paparan dari pemain lain, seperti avatar, nama, dan voice chat atau teks,” kata Valve dalam keterangan resminya.

Valve menjelaskan, kalian dapat menemukan sistem itu di Settings->Game->Communication dan di Scoreboard. Pengaturan ini bermanfaat, tetapi sistemnya memiliki kelemahan dalam meredam komunikasi yang bising.

Atas dasar itu pula Valve membuat aturan baru termasuk dengan sistemnya yang semoga bisa menjawab keluhan para pemain selama ini. Lewat sistem barunya, seorang pemain bakal menerima peringatan kalau mereka mendapatkan banyak laporan penyalahgunaan fitur voice chat, sehingga membuat kebisingan, dari pemain lain.

“Jika pemain masih mengabaikan peringatan itu dan terus menerima laporan penyalahgunaan, dia akan menerima penalti: suaranya yang bising akan dibisukan secara default. Status ‘default mute’ ini akan tetap berlaku sampai dia mendapatkan cukup XP untuk menghapus penalty,” pungkas Valve.

Karena sistem baru ini bekerja atas dasar laporan, hal ini memungkinkan pemain punya standar komunikasi mereka sendiri, seperti apa penggunaan voice chat yang mengganggu atau tidak, dan ketika seorang pemain mengirimkan laporan terhadap mereka yang melanggar aturan, profil pelapor ditampilkan secara anonim.

Sistem dan aturan meredam kebisingan ini sudah mulai beroperasi, dan kalian bisa membantu meredam perilaku bising dengan membiasakan diri untuk melaporkan pemain yang berbicara tidak semestinya sebagai “‘Abusive Communications or Profile” ketika kalian menemukan pemain yang seperti itu.

Perlu diketahui, sebuah laporan diberi bobot lebih tinggi untuk pemain yang bermain lebih sering atau mereka yang lebih jarang mengirimkan laporan, sehingga akun yang tidak menghasilkan XP atau laporan spam hanya akan berdampak kecil, dan mungkin tidak berdampak sama sekali.

Leave a Reply