Tak Biasa, Kompetisi Dota Berlangsung di Penjara Filipina

Tak Biasa, Kompetisi Dota Berlangsung di Penjara Filipina

Ada sebuah turnamen Dota dilaksanakan secara tak biasa, karena penjara menjadi tempatnya, gelaran itu berlangsung di Filipina. Ini membuktikan kalau tidak semua kompetisi game online dilangsungkan dengan polesan panggung megah yang ditonton banyak orang.

Situs AFK Gaming melaporkan, penjara di Baguio, Filipina, sudah menggelar pertandingan Dota di mana pesertanya tidak lain adalah para narapidana di sana. Fakta itu terungkap setelah foto dokumentasi kegiatannya beredar di dunia maya.

Meski begitu, peserta turnamen tidak memainkan Dota 2 seperti kebanyakan orang di masa sekarang, sebab mereka masih memakai Dota versi lawas, yang tidak lain ialah custom map dari Warcraft 3: Frozen Throne.

Ditentukannya game Dota dibandingkan Dota 2 besutan Valve, menurut AFK Gaming, berkaitan dengan perangkat gaming di sana. Sebab, Dota versi custom map Warcraft 3: Frozen Throne tidak memerlukan koneksi internet untuk mengatur LAN yang digunakan dalam turnamen.

Lebih lanjut, spesifikasi perangkat pun jadi tidak dituntut sangat canggih sehingga ramah terhadap PC dengan hardware keluaran lama.

LOOK| E-Sports : Nagasagawa ang Baguio City Jail Management and Penology ng kauna-unahang E-games tournament para sa kanilang mga inmates. 📸Bjmp Baguio Cj-md

Posted by 95.7 Brigada News FM Koronadal on Tuesday, 28 July 2020

Dota sendiri memang sebuah game yang sangat melekat di kalangan gamer, terutama bagi masyarakat Asia Tenggara, khususnya Filipina. Negara ini merupakan salah satu yang memiliki passion dan rasa kompetitif luar biasa besar kalau sudah berbicara tentang Dota.

Sebagai informasi, game online ikonik ini, mengawali langkahnya sebagai custom map yang diciptakan untuk Warcraft 3: Frozen Throne, kemudian custom map itu akhirnya menyempurnakan konsep MOBA yang kita kenal sekarang ini.

Selanjtunya, Valve bermitra dengan IceFrog selaku salah satu pengembang Dota untuk membuat seri kedua dari custom map tadi dengan teknologi milik Valve, akhirnya lahirlah Dota 2 yang dimainkan banyak orang di seluruh dunia.

Kendat demikian, karena tidak semua orang bisa bermain Dota 2 karena game ini menutut perangkat yang jauh lebih bertenaga, Dota versi custom map masih memiliki pemain setia, namun tentu jumlahnya tidak banyak lagi.

Leave a Reply