40 Ribu Akun Smurf Dota 2 di Banned Valve

40 Ribu Akun Smurf Dota 2 di Banned Valve

Valve baru-baru ini melakukan tindakan tegas dengan melakukan banned terhahap 40 ribu akun game MOBA ikonik mereka yaitu Dota 2. Dasar dari kebijakan itu karena matchmaking di dalam game yang dinilai tidak adil.

Pihak pengembang, sebagaimana dilaporkan oleh laman PC Gamer, menyasarkan keputusan itu kepada para akun Smurf, di mana istilah ini dikenal sebagai ungkapan untuk pemain profesional yang secara sembunyi-sembunyi memakai akun lainnya seperti para pemain amatir.

Alasan Penggunaan Akun Smurf

Memang ada alasan-alasan tersendiri kenapa seorang pemain profesional mau menggunakan akun Smurf meski hal ini merupakan tindakan pelanggaran, dan umumnya, mereka yang melakukan itu berpendapat merasa jenuh saat bertanding di tier atas.

Akibatnya, pengguna akun smurf ini bisa dengan mudahnya mengalahkan pemain rank bawah, sebab unggul dari segi pengalaman. Dan hal ini tentunya dapat merusak tatanan game Dota 2 secara kompetitif, itulah kenapa Valve tidak berdiam diri.

Dalam laporannya, Valve mengaku sedang membuat sistem deteksi smurf untuk update terbaru game ini. Perubahan itu akan memberikan dampak besar bagi akun Smurf, tapi terkadang juga bisa memberikan pemain biasa ekstra MMR.

Asal Muasal Akun Smurf

Perlu diketahui, istilah akun Smurf sendiri berawal ketika ada seorang gamer legendaris Warcraft bernama Geoff ‘Shlongor’ Fraizer dan Greg ‘Warp’ Boyko yang merasa kesulitan mendapat lawan sepadan di tingkat atas, karena bosan, mereka akhirnya membuat akun kedua.

Mereka berdua menggunakan nama tokoh komik The Smurf dengan ciri khas warna kulit biru, Papa Smurf dan Smurfette. Ungkapan akun Smurf ini pun langsung mempengaruhi game lainnya terutama Dota 2, Mobile Legends, dan Arena of Valor (AOV).

Dan di Dota 2 menjadi salah satu tempat di mana akun ini tergolong banyak, setidaknya pada bulan Januari lalu ada 17 ribu akun yang di banned. Meski tidak ada alasan spesifik, nampaknya beberapa pemain tier atas cukup kesulitan mendapat saingan karena game ini mulai kehilangan banyak pemain.

Leave a Reply