Panduan Bagi Pemula Ketika Mulai Main Ghost of Tsushima

Panduan Bagi Pemula Ketika Mulai Main Ghost of Tsushima

Ghost of Tsushima merupakan game yang menawarkan fleksibilitas, meski banyak pemainnya yang telah mengetahui cara memainkannya, tapi Sucker Punch Productions sebagai pengembang sudah melakukan banyak hal supaya para player-nya dapat mencoba pendekatan-pendekatan lain saat bermain.

Contohnya, sebagaimana dilansir dari laman Gamereactor, beberapa pertarungan didesain dengan sebuah gaya bermain tertentu di mana kalian bisa melawan musuh-musuh secara langsung, memulai pertarungan dan mengalahkan semua musuh yang berani menghadapi kalian.

Kendati demikian, ini dapat membuat permainan menjadi berkepanjangan, jadi kenapa tidak mencoba cara-cara yang berbeda? Berikut 7 tips main Ghost of Tsushima untuk pemula agar pengalaman bermainnya semakin maksimal.

Sedari Awal Jelajahi Ariake’s Golden Forest
  • Ghost of Tsushima cukup linear dan tidak memancing kalian untuk keluar jalur begitu banyak sedari awal, namun setelah kalian menyelesaikan tutorial, game ini pun terbuka. Setelah itu, Jin sudah mengetahui sebagian besar trik yang diperlukan untuk bereksporasi kawasan pertama dari Izuhara.
  • Hampir semua titik kejadian menunggu kalian sekarang, tapi ada baiknya kalian menjelajahi Golden Temple di Ariake’s Golden Forest lebih dahulu, sebab semua supplier tersedia di sana. Dengan material yang tepat, kalian dapat meningkatkan zirah (armour) atau mempertajam pedang di pandai besi.
Koleksi Baju Zirah
  • Kalau kalian rajin menjelajah dan menyelesaikan tugas sampingan, itu bakal membuka zirah tambahan yang masing-masing memiliki bonus tertentu. Andai kalian menambahkan sebuah outfitter, maka bonus-bonus itu akan bertambah.
  • Traveler’s Attire membantu kalian menjelajah, kemudian ada pakaian ronin yang cocok untuk strategi stealth. Gunakan zirah klan samurai atau zirah dari late game saat melawan banyak musuh secara bersamaan. Ingat, efek hanya berasal dari zirah utama saja, sementara topeng dan helm cuma kosmetik belaka.
Alokasi Skill Point
  • DIrekomendasikan untuk menggunakan skill point ke pertarungan (skill tree samurai, deflection arc), stealth, dan skill stand-off. Zirah memberikan banyak keuntungan dalam pertarungan dan ‘mythic tales’ (ikon biru) memberikan skill baru tanpa perlu menghabiskan skill point.
  • Kalian tidak perlu melakukan grinding face-off melawan bandit, patroli Mongol, dan samurai pembelot sebab quest utamanya akan memberikan banyak XP yang cukup untuk berkembang. Tetapi, menyelamatkan warga yang ditangkap masih sepadan sehingga kalian dapat menemukan lebih banyak tempat untuk material upgrade dan sejenisnya.
  • Selanjutnya, kalian akan menemukan komoditas penting seperti sutra, wax wood (bisa mendapatkan dua di setiap kuil Shinto kalau kalian mencari dengan seksama), dan emas hanya setelah menyelesaikan aktivitas tertentu, artinya kalian mesti memikirkan betul skill tree apa yang kalian dalami di awal.
Cara Lain Pelajari Kuda-Kuda Baru
  • Pada bab pertama, penting mempelajari keempat gaya bertarung agar efektif ketika melawan berbagai tipe musuh yang dihadapi. Saat kalian menguasai gaya baru, serangan berat mampu menembus pertahanan musuh.
  • Kalian wajib mengalahkan beberapa musuh bertipe ‘warlord’ untuk membuka sebuah kuda-kuda baru, namun ada cara lain untuk mempercepat perkembangannya, yakni menginfiltrasi perkemahan musuh tanpa ketahuan dan mencari pasukan berbaju zirah berat yang secara aktif berlatih, kemungkinan besar adalah pemimpin kamp.
  • Disaat Jin melihat keahlian bela diri mereka dari dekat, tahan R2 untuk melakukannya, perkembangan kalian juga bertambah. Tetapi, kalian tidak perlu begitu mengkhawatirkannya, karena di sepanjang cerita musuh-musuh ini bakal banyak muncul. Tetap saja, bagus kalau bisa mendapatkannya secepat mungkin.
Terkait Duel
  • Duel melawan ahli pedang musuh biasanya cukup sulit, jadi penting dalam memahami beberapa peraturan dasar dan menggunakan skill yang diperlukan saat kalian bertarung.
  • Serangan-serangan yang terindikasi dengan cahaya merah harus selalu dihindari, dan kalian cuma dapat menangkis serangan bersinar biru jika kalian telah membuka skill yang terkait di samurai tree (skill deflection).
  • Catat, lebih baik kalian membuka kemampuan ini di awal sehingga bisa memiliki keunggulan di pertarungan dan tidak kewalahan.
Bersihkan Area untuk Membuka Peta
  • Setelah membersihkan semua perkemahan Mongol di satu daerah, seluruh titik aktivitas bakal ditunjukkan di peta utama. Dampaknya, kalian dapat menemukan semua barang koleksi di area yang sedang kalian tempati (dengan bantuan Traveller’s Attire), bahkan tanpa perlu membuka skill untuk menemukan mata air panas, kuil Inari, dan sebagainya.
  • Bonus-bonus pasif tersebut begitu kecil dan kalian bisa mendapatkannya lebih cepat belakangan, jadi tidak perlu dikerjakan di awal. Kalau kalian mendaki titik peninjauan, tinggal cari sarang rubah (pohon kuning, mereka bakal berubah merah nantinya) atau untuk mata air panas yang mampu meningkatkan HP (berupa pohon merah, bisa dikenali melalui uapnya).
Temukan Charm of Okuninushi
  • Pahamilah, kuil Shinto dan side-quest akan memberikan talisman (jimat) besar dan kecil yang bikin efek pasif kuat. Jika kalian membutuhkan jimat yang bagus, direkomendasikan ‘Charm of Okuninushi’ yang dengan perlahan mengisi nyawa di luar pertarungan.
  • Tentu, itu bakal menghemat ‘Resolve’ sewaktu kalian menjelajah atau memungkinkan kalian untuk beristirahat pasca membersihkan sebagian perkemahan musuh. Kalian dapat menemukannya di Mending Rock Shrine yang berlokasi di Hiyoshi, barat daya dari Castle Kaneda di pantai Isonade.

Leave a Reply