Nitendo Switch Ikutan Langka Selain Masker dan Hand Sanitizer

Nitendo Switch Ikutan Langka Selain Masker dan Hand Sanitizer

Kelangkaan bukan cuma berlaku untuk masker dan hand sanitizer yang dibutuhkan banyak orang, namun perangkat game seperti Nitendo Switch juga termasuk, sebagai akibat dari pandemi corona (COVID-19) yang sedang melanda dunia.

Hal ini terjadi di Amerika Serikat, di mana Nintendo Switch sulit ditemukan dan sekalipun ada harganya meroket. Sebelum pandemic terjadi, perangkat ini lazim dijual dengan harga USD 299 atau sekitar Rp. 4,8 juta.

Namun, kini harga konsol itu dijual dengan harga USD 399 atau kurang lebih Rp. 6,6 juta dan banyak yang menjual dengan harga jauh lebih tinggi. Nintendo Switch termurah di Amazon saat ini harganya mencapai USD 460 atau senilai dengan Rp. 7,6 juta.

Nitendo mengakui banyak toko di Amerika Serikat yang kehabisan stok, tapi mereka menjanjikan segera mendistribusikan stok Switch baru. Sebelumnya, dikabarkan wabah COVID-19 juga mengganggu produksi dan pengiriman beberapa produk Nintendo.

Gangguan itu meliputi juga produksi Nintendo Switch edisi Animal Crossing: New Horizons. Pre-order untuk edisi ini harusnya dibuka di Jepang pada 8 Februari silam. Namun, jadwalnya berubah dan diputuskan untuk diundur hingga waktu yang belum ditentukan.

Memang, perangkat-perangkatnya sekarang ini diproduksi di Tiongkok, dan Nintendo mengklaim bahwa gangguan produksi hanya bakal mempengaruhi pasar domestik di Jepang. Kendati demikian, analis memperkirakan, ini bisa menimbulkan masalah di pasar lain seperti Amerika Serikat.

“Ketika melihat konsol game secara spesifik, kami mencatat bahwa 96% dari konsol video game yang diekspor ke AS pada 2018 diproduksi di China,” ujar analis dari Niko Partners, Daniel Ahmad kepada CNBC.

Berbeda dengan hand sanitizer dan masker yang punya peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh saat situasi pandemic corona, kecil kemungkinan kelangkaan Switch diakibatkan oleh para pedagang yang bermaksud menimbun untuk mencari keuntungan lebih.

Walaupun peluang bisnis hiburan, khususnya video game, semakin punya peluang besar sejak pemerintah di banyak negara lmenganjurkan penduduk setempat untuk tetap di rumah, dan menjadikan gaming sebagai aktivitas alternatif.

Bagaimanapun, Nintendo Switch merupakan salah satu konsol populer karena ringkas dan bisa dibawa berpergian. Judul-judul permainan yang digemari para gamer di antaranya Mario Kart 8, Mortal Kombat 11, The Legend of Zelda, Minecraft, dan Stardew Valley.

Leave a Reply