Jepang Bakal Punya Pusat Esports Khusus Lansia

Bagi sebagian orang, umur hanyalah sekadar deretan angka. Karenanya, bermain game bisa dibilang tidak mengenal batasan usia, anak-anak, orang dewasa, sampai lansia bisa menjadikannya sebagai sarana hiburan untuk mengisi waktu luang.

Seiring berjalannya waktu, game-game kompetitif Esports yang diminati oleh kalangan muda sekarang telah ikut dilirik bahkan oleh kelompok lansia. Game Esports sendiri, dianggap dapat melatih ketangkasan, refleks, analisis sampai strategi, untuk mengasah otak.

Atas dasar itulah dibangun sebuah pusat Esports, yakni ISR Esports, berbasis di Kobe, Jepang. Rencananya, bakal dibuka pada 2 Juli 2020 mendatang, keberadaannya disebut didedikasikan khusus untuk para lansia dan hanya menerima anggota yang berumur di atas 60 tahun.

ISR Esports sendiri, terbuka untuk mereka yang sebelumya tidak pernah bermain video game, di sana nantinya akan diajarkan dasar-dasar gaming supaya kedepannya bisa mengerti berbagai mekanisme dari game, kemudian, mereka dapat menjajal game-game Esports yang tersedia.

Kendati bakal dibuka ditengah-tengah kondisi pandemi virus corona (COVID-19), namun ISR Esports mengklaim tetap melaksanakan protokol perlindungan dan pencegahan penyebaran COVID-19, memingat kelompok usia 65 tahun ke atas termasuk yang rentan terpapar.

Perlu diketahui, fenomena dibukanya pusat game Esports khusus lansia tidaklah aneh, menurut studi yang dilakukan AARP, di Amerika sudah ada 51 juta gamer berusia lebih dari 50 tahun yang masih aktif bermain game dengan rata-rata 5 jam per minggu.

Selain itu, di dalam skena Esports, terdapat tim yang beranggotakan pemain berumur lebih dari 65 tahun, misalnya tim Silver Snipers dan Grey Gunners, yang berkompetisi pada ranah game bergenre FPS CS:GO.

Di lain topik, seorang nenek berusia 90 tahun telah memecahkan rekor menjadi gamer tertua sedunia, perempuan paruh baya bernama Hamako Mori itu, secara tidak langsung sudah menuliskan namanya ke dalam The Guinness Book of Records.

Hamako adalah bukti hebat bahwa kalian tidak pernah terlalu tua untuk bersenang-senang dengan permainan video, jadi lacak sesuatu yang menyenangkan dan mainkan! Dan jika kalian seorang gamer yang bersemangat, umur tidak bisa membatasi kalian untuk bergembira dengan game.

Leave a Reply