Demi Perkuat Tim Esports-nya, Barcelona Kerja Sama dengan Tencent

Demi Perkuat Tim Esports-nya, Barcelona Kerja Sama dengan Tencent

Barcelona sebagai salah satu raksasa klub sepak bola asal Spanyol, sudah mengumumkan bahwa mereka menjalin kerja sama strategis dengan perusahaan teknologi dan game dari China, yakni Tencent.

Kerja sama itu sendiri akan membuat tim La Liga ini ‘terlibat dalam komunikasi yang mendalam’ dengan pihak Tencent mengenai kehadiran Esports-nya, yang saat ini membuat mereka harus bersaing untuk memperebutkan gelar ajang eFootball PES Konami dan Liga Rocket Psyonix.

Seperti laporan dari SportsPro, kemitraan tersebut mencakup kompetisi Esports, pendidikan, dan pertukaran informasi mengenai industri Esports, dengan tujuan untuk mengeksplorasi kolaborasi lebih jauh antara dunia kompetitif gaming dan olahraga.

Menariknya, kedua belah pihak pernah bekerja sama awal tahun 2020 dalam hal menyediakan peralatan-peralatan dan obat-obatan sebagai upaya mendukung dan membantu penanganan pandemi virus korona di Catalonia.

Sekarang, sepertinya Barca ingin meningkatkan kualitas tim Esports-nya karena mereka mau memanfaatkan industri yang sedang berkembang ini, terlepas dari dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19, pasar Esports global diperkirakan masih menghasilkan pendapatan yang lumayan besar.

Kendati demikian, Presiden klub Josep Maria Bartomeu mengonfirmasi pada bulan Februari silam kalau Barca tidak akan berpartisipasi dalam gelaran game yang mereka anggap terlalu akrab dengan kekerasan fisik.

Barca juga diklaim sedang mempertahankan kerja sama dengan tim Esports China. Mereka disebut-sebut lagi berusaha untuk mewaralabakan merek mereka ke properti yang sudah ada untuk memasuki pasar dengan fondasi yang kokoh.

Kelanjutan kerja sama dengan Tencent menunjukkan Barca semakin dekat untuk memasuki skena game LoL. Riot Games sebagai pengembangnya juga punya tim sendiri, yakni TJ Sports, yang berkecimpung di ajang LoL Pro League (LPL) China.

Tencent sendiri, juga memiliki 40 persen saham di penerbit Fortnite, yaitu Epic Games. Kesepakatan dengan Barca adalah kolaborasi kedua Tencent dengan klub sepak bola besar Eropa setelah menjalin kemitraan tahun lalu dengan klub Liga Premier Manchester City.

Leave a Reply